PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS TEKS CERITA FIKSI KELAS XI AKL 2
Muhammad Fakhri Rosyada, S.Pd.
SMK Muhammadiyah Bligo
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas XI AKL 2 SMK Muhammadiyah Bligo tahun pelajaran 2021/2022 masih rendah karena penyampaian materi didominasi metode ceramah, guru kurang mengaitkan penyampaian materi dengan permasalahan nyata, siswa kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 2 melalui model PBL di SMK Muhammadiyah Bligo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I, persentase aktivitas belajar klasikal siswa sebesar 50%, meningkat menjadi 75%. Untuk hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase 50,01% dan meningkat menjadi 78,13%. Dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks cerita fiksi kelas XI AKL 2 SMK Muhammadiyah Bligo tahun pelajaran 2021/2022.
Selengkapnya :
https://drive.google.com/file/d/1v-BEbTJisOKAMoOaJc1BOV8dlHzXiD0k/view?usp=sharing
Powered by Froala Editor